Wednesday, October 28, 2009

IHSG big correction?

Kecurigaan bahwa IHSG sudah layak bikin "big correction" semakin kelihatan. Trading diwarnai dengan profit taking dari institusi (BD) sehingga saham saham BC bergantian kena tekanan jual yang kuat (guyuran). Sampai sekarang belum ada indikasi adanya pergantian arah menjadi DOWNTREND, tapi juga belum ada tanda reversal. Jadi, IHSG masih berada di jalur yang benar, hanya memang perlu Koreksi dulu biar sehat. Sampai hari ini, asumsi berupa koreksi ABC dari complete wave 1-5 masih valid.
Prediksi reversal area IHSG ada di 2253-2332. Masih cukup jauh dari posisi sekarang, sehingga masih bisa terjadi penguatan karena teknikal rebound.
Jika ada tanda reversal maka semoga IHSG kembali masuk dalam Uptrend channel lagi.

Bagi trader yang konsisten menerapkan trading plan (entry, exit, risk management), situasi begini tidak mengakibatkan kepanikan dan yang paling penting, walaupun mungkin mengalami Loss, namun dalam batasan yang sudah diperhitungkan. Atau, bagi yang sudah masuk di harga bawah dan terkena batasan Stop loss, akan tetap profit dan seandainya terjadi market crash tidak akan ikut terjerumus sampai "nyangkut". Tinggal sekarang dengan tenang dapat mengamati market dan jika tanda reversal sudah terlihat bisa masuk lagi. Tanda reversal sampai sekarang masih belum terlihat. Jika ada penguatan, masih dalam kategori Technical Rebound.

No comments:

Post a Comment

Komentar dan Pertanyaan