Wednesday, October 28, 2009

IHSG big correction or downtrend impulse wave?

Target Area rebound ternyata sudah hampir tersentuh hanya dalam 1 hari. Luar biasa...!!. betul betul parah IHSG hari ini. Jika malam ini Dow merah, maka kemungkinan besar IHSG akan kembali tertekan dan masuk asumsi rebound's area dan jika belum juga rebound maka tidak mustahil akan mencoba menuju area dibawah 1888 sebelum meneruskan kembali Uptrend-nya. Namun market akan selalu mencoba memberikan signal rebound palsu (bull trap) dan menahan kejatuhan indeks dengan saham saham berkapitalisasi besar. Saham yang hari ini tidak mengalami penurunan yang parah bisa saja besoknya terkena "giliran" dan anjlok.

Bagi yang trader yang walaupun expert dalam TA namun tidak menerapkan MM dan Trading Plan yang benar, pasti sekarang sedang bertanya tanya mau diapakan sahamnya. CL ... hold ... CL... hold.... bingung deh jadinya. Tapi bagi yang menerapkan trading plan dan ternyata Stop Loss level sudah tersentuh dan sudah CL, biarpun Loss tapi sangat terbatas dan mungkin sekarang sedang FULL CASH dan menanti kesempatan jika ada tanda tanda reversal untuk masuk lagi. Berarti, semakin dalam koreksinya maka semakin besar pula potensi rebound, yang mungkin dapat memberikan BIG PROFIT. Kesempatan yang tidak didapatkan bagi trader yang tidak punya trading plan dan sedang full stock. Secara TA, seorang trader harus mempunyai kemampuan membaca situasi dan sanggup membuat Trading Plan yang LOGIS dan APPLICABLE. Trading Plan yang tidak logis pasti tidak berhasil karena akan bertentangan dengan logika sendiri, sehingga tidak applicable dan hanya menjadi sebuah jargon saja. Dalam situasi bullish tidak masalah jika tidak pakai Plan apapun karena memang trend nya naik terus, sehingga dengan Entry yang asal asalan pun bisa profit. Hanya..., bagaimana jika menghadapi (masih) mini crash seperti ini? bisa bisa profit berbulan bulan habis hanya dalam 2 hari atau malahan bisa lebih parah lagi.

Situasi seperti ini juga dapat memberikan pelajaran berharga bagi trader sehingga sadar akan pentingnya menggunakan system, apapun itu.

Happy hunting!

No comments:

Post a Comment

Komentar dan Pertanyaan