Friday, August 13, 2010

Penggunaan FengChart untuk Day-/Swing Trading (Wajib Dibaca) - updated

FengChart (FC) dapat diaplikasikan untuk Day Trading dan Short-Term Trading. Signal dari FC cenderung sensitif untuk trading ShortTerm (1-5 hari). Semakin "GORENGAN", semakin cepat perubahan arahnya, mungkin hanya dalam 1 hari saja. Seperti yang selalu dibilang orang ... "high risk high gain" ... . Untuk yang belum biasa disarankan untuk fokus ke swing trading saja (1-3 bulan) dan mencari emiten yang baru nongol di FC berada dilingkaran luar (5-10). Emiten yang dihari sebelumnya sudah naik signifikan, harus extra hati-hati karena lebih gampang berbalik arah dan baliknya bisa menyakitkan kalau entry di level yang sudah tinggi. Lebih baik mengincar saham yang belum naik tinggi atau yang sedang selesai retrace setelah sebelumnya naik cepat.

Sebaiknya juga jangan langsung diaplikasikan tapi dicoba dulu. Seperti BHIT muncul pada tgl. 1 Des 2010 dg angka 5. Setelah itu terus naik. MLPL tgl. 8 Des dg angka 8 dan baru tanggal 10 dikerek keatas dan tgl. 13 nya (senin) hanya naik sedikit. ARNA tgl. 8 Des juga muncul dengan angka 8 setelah tgl. 7 nya naik signifikan dan ternyata tgl. 8 nya sudah "cuci piring" walaupun sempat naik juga pada awalnya. Disini resiko trading saham begini cukup besar dan harus bisa mengenali tanda tanda akan "cuci piring".

Emiten yang masuk di radar FengChart adalah saham yang sedang UpTrend. Sehingga saham yang kebetulan diberikan penilaian yang kurang bagus (1-4) diasumsikan sedang "tarik nafas" atau retrace dari kenaikannya. Biasanya ini merupakan bentuk Profit Taking dari retailer yang sudah mencapai Target Price untuk profit taking. Target dari retracement untuk saham uptrend, seperti pada tulisan sebelumnya, sering terjadi pada kisaran fibo 38,4% s/d 62,8%. Penilaian 1-4 adalah kurang bagus, namun jika masuk di fibonacci diatas, maka ada harapan untuk setiap saat rebound (retracement selesai). Karena tidak ada yang bisa tahu pasti, apakah saham tsb. masih dalam kondisi uptrend, maka setiap trading harus menentukan dimana level Stop-Loss, dimana dibawah level tersebut pola Uptrend harus dipertimbangkan lagi. Hal ini untuk mencegah trader tidak terjebak atau "nyangkut" dan bisa terhindar dari koreksi besar atau krisis ekonomi seperti di tahun 2008.

Penilaian 5-6 ada terlihat harapan untuk diangkat, tapi tetap waspada jika pada hari berikutnya malahan balik lagi ke 1-4. Penilaian 7-10 diasumsikan, ada peluang saham akan dikerek keatas pada hari tsb atau kadang beberapa hari kemudian, tergantung situasi regional. Harus diingat, siklus saham yang selalu ada koreksi. Jadi sangat langka saham bisa mulus tiap hari naik terus, karena ada yang juga sedang merealisasikan profitnya (Profit Taking).

Dengan memasukkan saham unggulan dengan angka 5-10 dalam fitur filter running trade di Online Trading Platform dari provider, saham mana yang sedang aktif akan segera terdeteksi dan kita bisa cepat bereaksi jika harga "kelihatan" atau ada tanda-tanda "diminati". Khusus untuk saham saham "gorengan" dan saham yang lama tidur atau volume biasanya kecil, harus extra hati hati dengan kemungkinan pembalikan arah yang sangat cepat. Saham yang di hari sebelumnya sudah naik tinggi juga harus diwaspadai jika ternyata Phase Mark-UP sudah selesai dan berbalik arah. Terutama saham yang dapat nilai 8-10 dan "gorengan" malahan harus lebih diwaspadai karena resiko untuk berbalik arah cukup besar. Istilahnya "pesta sudah selesai" dan retailer diharapkan dapat bagian "cuci piring" nya.
Semoga kita tidak kebagian "cuci piring"... :)

Day Trading harus juga disertai dengan Trading Plan yang ketat dan dieksekusi secara konsekwen apapun yang terjadi, karena tujuan dari Pemain Besar (BD - smart money) adalah mengambil profit dari TRADER lain termasuk para retailer dengan keuangan yang pas-pas an (weak money).

Untuk Swing Trader, FC bisa dipakai untuk menentukan Entry yang optimal setelah menetapkan pilihan saham yang sedang bagus secara Teknikal nya dan juga FC nya sedang oke (angka 5-10). Sedangkan dilihat dari chartnya, lebih aman entry pada harga sesudah retrace atau belum "terbang". Tentu saja dengan resiko "ketinggalan kereta".

Sekali lagi, YANG TIDAK BOLEH DIABAIKAN adalah, bahwa "TIDAK ADA YANG PASTI DI STOCK MARKET" termasuk FengChart. Jadi, selalu mempertimbangkan pilihan yang sesuai dengan penilaian Anda dan hanya percaya pada PERGERAKAN DI MARKET. FengChart hanya digunakan sebagai bantuan untuk pertimbangan dalam Stock Picking dari sisi psikologi pasar yang terbaca melalui Chart dan seperti layaknya market yang volatile, Angka pada FC juga selalu bergerak. Saham dengan angka 10 pada hari ini bisa berubah besoknya menjadi dibawah 5 dan sebaliknya.

Harap selalu diingat bahwa tujuan trading adalah untuk profit dan bukan sekedar prediksi yang betul. Belum tentu seorang yang dapat memprediksi dengan keakuratan yang bagus (bukan selalu tepat) juga pasti profit. Ini hanya salah satu tools yang diperlukan dan harus digabungkan dengan trading plan yang nyaman (pembagian portofolio, entry, exit) disertai dengan money management dan eksekusi yang konsisten-lah yang akan mampu mencapai tujuan utama yaitu profit yang konsisten.

No comments:

Post a Comment

Komentar dan Pertanyaan