Friday, August 28, 2009

Memprediksi Pergerakan Harga Saham

Tidak sedikit analis pasar saham maupun perorangan yang berusaha memprediksi pergerakan harga di stock market maupun produk derivativ lainnya.

Pertanyaannya adalah:
Apakah yang hebat dalam memprediksi juga proporsional dengan Profit-nya dalam Trading? Dan.... apakah prediksi-nya memang akurat? Atau ... pas cocok maka kedengaran dan pas salah hilang ditelan angin sore hari setelah market usai, sehingga yang kedengaran hanya prediksi yang cocok saja.

Kenyataan dilapangan:
Belum ada yang sanggup dengan konsisten menetapkan akurasi prediksi misalnya: 80% selalu tepat atau angka lainnya.
Saya sendiri sudah research kesana kemari tentang bagaimana atau siapa yang mampu memprediksi dengan akurasi yang pasti di segala situasi market.
Dan... belum ketemu ada yang sanggup secara konsisten memberikan prediksi dengan angka akurasi yang tepat. Jika bullish, bisa 60-90% dan jika bearish... sangat bervariasi (tidak dipublikasikan).
KECUALI: Mungkin Paranormal atau Dukun. Dan belum ada di dunia nyata Paranormal atau Dukun yang bisa meramal dengan tepat (kecuali di movie kali ya?). Yang ada adalah PREDIKSI berdasarkan asumsi informasi di pasar yang kemudian (“ternyata”) menjadi kenyataan, sehingga Nama dari orang tersebut menjadi terkenal (Houdini dsb.). Tapi apakah berarti dia mendapatkan profit dengan Prediksi nya yang benar? Tidak ada yang tahu kecuali dia sendiri dan YMK.

So,... untuk mendapatkan profit di stock market (atau Forex, komoditi dll.), faktor kelemahan diatas harus disadari dahulu sehingga dapat diminimalisasi maupun diantisipasi:

FACTs:
1. TREND is MY FRIEND
- Dalam BULLISH MARKET, 3 dari 4 saham menguat.
- Dalam BEARISH MARKET, 3 dari 4 saham melemah.

2. PREDIKSI besok Naik/Turun tidak bisa DIJAMIN akurasinya secara konsisten. (yang masih percaya ... silahkan... lanjutkan...!)

TRADING STRATEGY:
- Prediksi bukan berdasarkan “besok Naik/Turun” tapi berdasarkan TREND.
- Memprediksi pergerakan arah dari saham dengan asumsi yang logis dan bisa dipetanggungjawabkan secara TA, berdasarkan “High Probability” (Elliot-Wave, Indikator).
- Antisipasi kalau Prediksi salah (risk/reward, money management, trade management).
- Let’s the profit run (naik ikutan, turun ogah....)

Salam

No comments:

Post a Comment

Komentar dan Pertanyaan