Sunday, May 17, 2009

FengChart 18 Mei 2009

Wah.... hari Jumat kemarin banyak yang sumpah serapah.... (ikut juga sih...) karena guyuran yang dahsyat. Pertanyaannya, seolah olah memang dikondisikan supaya orang takut masuk, bukan hanya murni profit taking. Kalau murini PT polanya dikumpulin dulu sampai bid tebal terus diguyur, dinaikin lagi dikit, tunggu dulu sampai bid tebal lagi baru diguyur. Hari Jumat kemarin volume tipis di bid aja dihajar terus terusan sampai mentok ke batas AR kiri baru diangkat lagi. Kenapa ya dikondisikan orang biar takut masuk dan Cut Loss? Politik dan ekonomi sebetulnya hanya dijadikan alasan saja buat seolah olah investor mau pada kabur.
Prediksi dari pelaku pasar sangat beragam:
1. Murni PT karena indeks dan harga saham kenaikannya sudah tinggi (merealisasikan keuntungan)
2. Isu untuk membiayai kampanye PilPres
3. Kenaikan beberapa minggu yl. sebetulnya adalah bear rally (kenaikan sementara dalam bearish trend market, jangka panjang), sehingga akan turun lagi lebih parah (lower low)
4. Ulah Bandar yang ingin supaya retailer Cut Loss, kemudian harga dinaikin lagi sehingga retailer ketinggalan kereta dan Bandar untung lebih besar
5. dll.

Jadi gimana ya trading buat hari Senin? Kalau saya pribadi gampang aja,
- kalau full cash bisa ngantri di harga bawah jika ada signal rebound.
- kalau full stock bisa lepas separoh jika ada kenaikan setelah pembukaan.

Jika skenario diatas tidak didukung oleh pola intraday yang cocok, maka keputusan diambil sesuai dengan kondisi (misalnya nge-short barang sendiri).

Yang sangat penting, hindari dulu trading dengan MARGIN karena bisa bisa langsung bangkrut kalau prediksi meleset. Pergerakan saham hari Senin akan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor psikologis daripada teknikal dan fundamental.

No comments:

Post a Comment

Komentar dan Pertanyaan