Wednesday, January 12, 2011

IHSG as of 12/1/2010 - Rebound?

IHSG hari ini rebound 99 point. Analisa sebelumnya bahwa koreksi masih dalam batas normal dg bantuan fibonacci masih valid, bahkan sampai 3000 pun masih dalam batasan biasa (baca: uptrend). BD selalu memakai sentimen yang berkembang untuk kepentingannya, sehingga terutama trader retailer selalu kelabakan dan bertanya-tanya ada apa ini dan puas dengan alasan yang berkembang di media (mis. inflasi, ekonomi eropa, atau apapun lainnya). Apakah BD memang bertindak sesuai dg issu yg berkembang? "Kelihatannya" memang begitu. Jadi yg terlihat dengan kasat mata memang begitu. Sedangkan yg tidak terlihat, dalam sentimen negatif, BD akumulasi diam diam saham tertentu dan mark-down saham yg selesai distribusinya (dg menggunakan sentimen positif yg berkembang) agar bisa diakumulasi lagi diharga murah.


3 hari bearish dengan guyuran hebat menyampaikan message ke market berupa FEAR sehingga banyak retailer yg panik dan CL. Hari ke 4 sepertinya mulai rebound. Yang baru saja CL kembali buyback karena takut ketinggalan kereta (GREED) dan ternyata sesi 2 nya kembali dibawa ke area negatif. Retailer yg baru saja buy back bisa bisa CL lagi karena masih trauma dihari sebelumnya (FEAR). Kemudian hari ini market kembali bullish. Yang udah CL ada yg beli lagi (GREED, takut ketinggalan kereta lagi) dan lebih banyak lagi yg masih trauma (FEAR) karena dimana-mana yang ditemukan hanya sentimen negatif. Closing diarea positif memberikan harapan baru bahwa market kembali bullish. Sepertinya pada awal perdagangan besok, BD akan menyampaikan pesan berupa konfirmasi "welcome bull..!". So, bagaimana jadinya sbg retailer dalam situasi begini? ikutan BUY atau masih wait&see terus? atau malahan SELL?. Apapun pilihannya menurut saya adalah "gambling" jika tidak dilandasi dengan alasan yang konsisten. Landasan/basic apa yg bisa kita pakai? Salah satu yg paling banyak dipakai adalah TA (teknikal analisa) misalnya dg Stochastic, Fibonacci, Elliot Wave dsb. untuk memprediksi arah dan target. Dan karena saya tidak punya kemampuan melihat masa depan, maka antisipasi jika salah prediksi selalu ada. Salah satunya dengan Money Management sederhan (SEPAROH-SEPAROH).

Permainan GREED & FEAR ini akan dimainkan terus menerus oleh BD. Dg pertimbangan siklus ekonomi yang masih dalam phase recovery, maka pelemahan indeks sekarang ini asumsinya masih sebatas koreksi biasa. Sampai berapa koreksinya? gunakan fibo untuk prediksi. Sementara ini saya akan sangat berhati-hati jika besok besok IHSG naik sampai ke area 3570-3650, karena jika IHSG bearish, ada peluang untuk turun lagi setelah mencapai penguatan sampai ke area tersebut. Namun jika bisa dilewati maka peluang untuk terus menguat semakin besar.

Sekali lagi, yg mutlak diperlukan untuk "make profit" adalah MM, bukan hanya TA.

No comments:

Post a Comment

Komentar dan Pertanyaan