Monday, October 4, 2010

IHSG as of 4/10/2010 - mau kemana ya?


IHSG sepertinya tidak punya rem, global & regional ngaruhnya dikit. Biar merah, tetap aja tiap hari merangsek keatas terus. Memang terlihat investor asing melakukan net buy terus dan volume perdagangan juga stabil. Kelanjutannya gimana? bisa naik terus? ..... bisa.... koreksi? juga bisa.... ga ada yang tahu pasti.
Jadi, gimana ya strategy-nya sekarang? harapan sih memang bisa naik terus dan portofolio tambah tebal plusnya. Tapi kalau ada koreksi gimana? apa iya akan ada koreksi? keliatannya kuat betul arus modal asingnya dan net buy terus....
Semua bisa kejadian. Kalau saya sekarang pilih skenario aman dengan mengamankan separoh profit dulu sambil melihat situasi lagi. Kalau ternyata terus naik, ya tetap mengikuti sebagian. Kalau betul ada koreksi bisa tunggu sampai ke area tembak baru masuk lagi.
Dengan asumsi tersebut saya coba membuat analisa dengan menghitung target jika sekarang asumsinya sedang di wave 5. Dengan fibo extension 61,8% dari swing sebelumnya maka target wave 5 di 358x sudah tercapai hari ini. Bisa saja ternyata masih naik keatas dan ternyata sekarang baru di wave 3. Ga apa, tetap aja profit dengan separoh modal. Yang penting disini bukan betul atau salah perhitungan wave-nya, tapi kita sudah membuat prediksi jika naik gimana dan jika turun gimana, berdasarkan indikator, wave dan fibonacci. Dikombinasikan dengan money management sederhana (itu yang pakai separoh separoh), harapan untuk profit jika market naik terus dan selamat kalau ada koreksi besar bisa tercapai.
Kalau ga mau memprediksi wave 5 ya ga apa, misalnya mengasumsikan di wave 3 dan masih terus nanjak. Pertanyaannya, kalau ternyata gagal gimana? trading plan hanya bisa disusun jika ada prediksi, dan sebuah prediksi harus didasari oleh sesuatu yang mempunyai kemungkinan benarnya lebih besar. Penggunaan indikator modern bisa membantu dalam hal ini. Tidak selalu benar, tetapi lumayan jika tahu betul karakteristiknya.

No comments:

Post a Comment

Komentar dan Pertanyaan