Monday, November 9, 2009

Belum ada konfirmasi BULLISH


So, hari ini IHSG tutup positif (+11) dan ditutup di 2406. Jika Dow Jones ditutup menguat, kemungkinan besar besok IHSG akan menguat juga pada pembukaan. Selanjutnya, IHSG sering loyo dan bisa bisa malah ditutup merah. Kenapa begitu? hehe... sepertinya trader besar (institusi) belum selesai hajatannya (profit taking) setelah IHSG menguat terus sejak awal tahun. Jadi... setelah buang barang, naik lagi dikit (bull trap), turun lagi lebih banyak (nerusin distribusi), naik dikit lagi, turun lagi... dst.....
Kapan profit taking berakhir?
ga tahu tepatnya kapan. Yg tahu mungkin paranormal atau yang main tebak dan "kebetulan" pas cocok, sehingga namanya melambung .... dan bisa bilang "I told U"... :)

jadi gimana? buat yg bukan paranormal tapi trader biasa?....., ya antisipasi aja dengan trading plan yg antisipatif. Prinsipnya, kalau kecebur jurang ga mau ikut, tapi kalau naik naik kepuncak gunung mau ikut. Hanya untuk sementara yah... sabar dulu. Biasanya trader susah untuk sabar. Yah... dikit dikit aja ambilnya. Harap diingat, "do not trade against the trend". Nge-bacanya, sekarang super hati-hati, yang kelihatannya sudah murah mungkin masih bisa lebih murah. Lebih baik tunggu tanda tanda BULL sudah kembali dan BEAR sudah pergi.

No comments:

Post a Comment

Komentar dan Pertanyaan